Baru di Dunia Listrik? Anda Harus Tahu Tentang Jenis – Jenis Kabel Ini!

Instalasi listrik di rumah kalian pasti ngak jauh-jauh dari yang namanya kabel kan? Namun di setiap penggunaan listrik harus mempunyai kecocokan terhadap  kabel yang dipakai. Berbicara tentang kabel pasti sangat banyak jenis serta kelemahan dan kelebihannya ya kan? Apalagi jika kalian mempunyai cita-cita untuk membuka jasa instalasi listrikkalian wajib tahu kabel seperti apa yang dibutuhkan saat instalasi listrik tertentu.

Macam-Macam Kabel Listrik

Namun dalam instalasi listrik tidak selalu mulus ya? Ada saja masalah terhadap kabel yang digunakan. Nah agar lebih memahami kebutuhan listrik yang disalurkan oleh kabel, kalian bisa menyimak dari mulai jenis serta kelemahan dan kelebihan kabel tertentu dibawah ini :

1. Kabel NYA

 

Kabel tipe ini cocok digunakan di perumahan karena harganya yag relatif lebih murah, dan terdapat lapisan isolasi yang hanya satu lapisan sehingga kabel ini mudah tergores, cacat dan tidak tahan air. Kabel NYA adalah kabel tipe udara.

2. Kabel NYM

Kabel tipe ini sangat cocok digunakan di tempat yang kering ataupun basah, namun kabel ini tidak boleh ditanam. Kabel NYM memiliki lapisan isolasi dua lapis sehingga harga kabel lebih mahal, namun kabel ini juga lebih kuat daripada kabel NYA

3. Kabel NYAF

Kabeltipe ini cocok digunakan dalam instalasi panel-panel yang memerlukan fleksibilitas tinggi. Kabel fleksibel dengan penghantar tembaga serabut berisolasi PVC.

4. Kabel ACSR

 

Kabel tipe ini bisa digunakan didalam tanah loh, dipergunakan didalam ruangan saluran-saluran pada tempat-tempat yang terbuka, atau untuk tekanan rentang yang tinggi selama dipasang dan dioperasikan.

5. Kabel NYY

Kabel tipe ini cocok dipergunakan untuk kabel tanah instalasi tertanam. Kabel NYY mempunyai isolasi PVC yang biasanya berwarna hitam, berinti dua, tiga atau empat. Memiliki isolasi yang bahannya tidak disukai tikus.

Itulah macam-macam jenis kabel yang cocok untuk kalian gunakan pada usaha instalasi listrik, atau mungkin sedang menekuni pekerjaan sebagai kontraktor ME. Bukan hanya macam-macam jenis kabel saja yang harus kalian tahu, tapi juga wajib tahu bagaimana cara menghindari permasalahan dalam mengistalasi listrik client kalian nih.

Menghindari Kecelakaan Listrik Saat Memasang Instalasi Listrik

Berikut cara yang bisa kalian praktikan saat menginstalasi listrik agar aman dan selamat :

1. Harus tahu jenis kabel apa yang akan anda gunakan 

Jika tidak tahu jenis kabel apa yang akan kalian pakai, itu akan berdampak buruk bagi client. Sebaiknya pelajari jenis-jenis kabel mulai dari yang biasa kalian lihat.

2. Harus tahu ukuran kabel yang akan di gunakan

Mengetahui panjang dan ukuran kabel memang diperlukan, alangkah baiknya jika kalian mengukur kabel-kabel yang diperlukan terlebih dahulu. Sehingga tidak kekurangan atau kelebihan kabel yang akan digunakan.

3. Mengetahui kode dan perbedaan warna pada kabel listrik

Kode dan perbedaan warna pada listrik juga penting, ini dilakukan ketika akan menghubungkan listrik pada aliran instalasi di ruangan tertentu. Jika kalian tak mengetahui fungsi dan perbedaan warna-warna pada kabel listrik atau setidaknya kode yang ada pada kabel listrik, ini bisa jadi pemicu arus pendek pada listrik yang mengacu pada kebakaran.

Baca juga: Cari Lampu Sorot LED yang Bagus? Berikut Daftarnya Lengkap

4. Cara pemasangan kabel yang baik dan benar

Cara memasang kabel yang baik dan benar berguna agar setiap instalator yang sedang memasang listrik tidak tersengat alirannya. Jika pemasangan kabel tidak benar tentu akan merugikan dan berakibat fatal.

5. Berikan kabel pelindung seperti pipa konduit

Yang terakhir adalah pipa konduit berfungsi untuk melindungi kabel dari gigitan tikus atau sekedar melindungi dari air atau melepuhnya kabel dari sinar matahari langsung.

Nah itu dia beberapa informasi yang dapat kalian ketahui mengenai macam-macam jenis kabel lilstrik dan cara menghindari permasalahan yang diakibatkan saat menginstalasi listrik. Bagi kalian yang masih pemula dalam bisnis jasa instalasi listrik, sebaiknya mengetahui lebih dulu kalian bisa meminimalisir resiko yang berakibat fatal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *